Langsung ke konten utama

Kesimpulan dan Refleksi Diri Materi Perjalanan Pendidikan Nasional

 

Kesimpulan Materi Perjalanan Pendidikan Nasional



A. Perjalanan Pendidikan Nasional Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan

Sebelum Kemerdekaan 

    Para bupati mendirikan sekolah bumiputera pada tahun 1854, terdapat tiga kelas yang diajarkan menulis dan berhitung serta hanya digunakan untuk kepentingan kolonial saja sehingga isinya tidak disesuaikan dengan jiwa raga bangsa Indonesia. Ki Hadjar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan kolonial tidak menjunjung peri kehidupan bersama karena selalu bergantung pada kaum penjajah.

                                                  Source: Klaten Kita - WorPress.com


    Selanjutnya, pada tanggal 3 Juli 1922, Ki Hadjar Dewantara memperbarui Pendidikan nasional dengan mendirikan Taman Siswa. Konsep pendidikan beliau adalah “Tri Pusat Pendidikan”. Menurut UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional meliputi tiga hal, yaitu pendidikan keluarga, pendidikan sekolah dan pendidikan masyarakat. Ki Hadjar Dewantara juga mencetuskan lima asas pendidikan yang dikenal dengan Pancadharma (asas kodrat alam, kemerdekaan, kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan).

                                                            Source: hi-in.facebook.com 


Setelah Kemerdekaan 

    Setelah kemerdekaan, pembelajaran yang mengandung paham-paham Belanda dihilangkan. Selanjutnya, pembelajaran dilaksanakan dengan menambahkan budaya bangsa Indonesia yang dapat diwariskan ke generasi berikutnya.

    Pada abad ke-21, pendidikan berada pada era globalisasi.

    Pada saat ini, diterapkan kurikulum merdeka. Pembelajaran berfokus pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator serta motivator untuk mengembangkan kemampuan siswa. Pembelajaran berfokus pada pengembangan diri siswa untuk menjadikan mereka untuk bersikap kritis, dapat memecahkan masalah, memiliki kecakapan komunikasi, kreativitas dan inovasi, serta kolaborasi dan kerjasama. Sarana utama yang digunakan untuk mencapai pengembangan diri dengan menggunakan teknologi.


B. Langkah untuk Melepaskan Belenggu pada Pendidikan Indonesia 

    Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara didasarkan pada asas kemerdekaan, memiliki arti bahwa manusia diberi kebebasan dari Tuhan yang Maha Esa untuk mengatur kehidupannya dengan tetap sejalan dengan aturan yang ada di masyarakat.

    Maksud dari konsep pendidikan tersebut adalah setiap siswa diberikan kebebasan dalam proses belajar dengan tujuan menciptakan pendidikan yang menyenangkan serta bermakna bagi siswa dan guru. Tentunya kebebasan tersebut dilandaskan dan berdasar pada sikap dan norma yang terkandung dalam Pancasila. 

    Sejatinya, untuk melepaskan diri dari belenggu tersebut adalah menjadikan guru sebagai fasilitator bagi siswa sekaligus menjadi motivator bagi mereka dalam pengembangan diri, minat, potensi, bakat, dan keahlian yang dimiliki setiap siswa. Hal ini dimaksudkan supaya siswa dapat secara tembimbing dan mandiri mengembangkan potensi diri, menjadi pribadi yang memiliki pemikiran merdeka serta luas wawasannya. Selain itu, guru juga berperan dalam pengembangan karakter siswa menjadi pribadi yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, selalu menjunjung tinggi kemanusiaan dan keadilan, memahami dan menjalankan nilai-nilai moral di masyarakat, serta selalu menebar kebermanfaatan bagi sesama. 


    Refleksi Diri Materi Perjalanan Pendidikan Nasional

    Pengetahuan baru yang saya dapatkan adalah mengenai sejarah Perjalanan Pendidikan Nasional. Sebelumnya, pendidikan di Indonesia masih berisi tentang pemahaman-pemahaman Belanda. Namun, seiring berjalannya waktu, para pahlawan pendidikan melakukan pembaharuan pendidikan, para pahlawan pendidikan mulai mengajarkan pendidikan yang mengandung sikap dan norma masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, terciptanya student-centered learning yang mengakomodasi siswa menjadi pembelajar merdeka. Para siswa secara mandiri dan merdeka melakukan proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Guru berperan sebagai fasilitator sekaligus motivator bagi siswa dalam pengembangan diri, minat, potensi, bakat, dan keahlian mereka masing-masing. 

    Maka dari itu, saya akan menciptakan pembelajaran yang berfokus pada siswa untuk menciptakan pembelajar yang merdeka. Memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik diawal pertemuan sebagai bentuk dari menciptakan pemikiran siswa yang kritis dan berwawasan luas. Memberikan asesmen yang bervariasi untuk mengembangkan potensi, minat, dan keahlian siswa. Serta mengajak siswa untuk berdiskusi dan bekerja secara berkelompok untuk melatih siswa bersosialisasi dan meningkatkan kecerdasan sosial mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERAPAN LISTRIK AC DC DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

PENERAPAN LISTRIK AC DC DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI MATA PELAJARAN  FISIKA   Dalam kehidupan sehari-hari  banyak sekali pemanfaatan listrik AC dan DC diantaranya adalah: a.        Pemasangan Jaringan Transmisi Listrik AC di Jalan Dari pembangkit listrik menuju ke pelanggan yaitu rumah tinggal, pertokoan, industri maupun instansi.  Arus AC juga dapat diubah menjadi arus DC dengan memakai Trafo.  Arus listrik DC dikirim/ditransmisikan melalui sistem jaringan bertegangan tinggi. Sistem tegangan tinggi dipilih dan bukan sistem arus tinggi sebab berkaitan dengan luas penampang penghantar. b.        Pengamanan Jaringan Listrik AC dalam Rumah Pemakaian daya listrik jaringan  listrik AC (arus bolak-balik) di rumah atau di kantor dibatasi oleh pemutus daya yang dipasang bersama dengan KWh meter. Jika arus listrik melebihi ketentuan maka dengan adanya pemutusan daya ...
Contoh Soal Dimensi 3 Kelas 10 Semester 2 KTSP 2006 Uji Kompetensi Bab 7  1. Dari sebuah kubus ABCD.EFGH yang panjang rusuk-rusuknya α cm , pernyataan di bawah ini benar, kecuali .... a. Bidang-bidang sisinya kongruen b. Jumlah semua rusuk, bidang sisi dan diagonal ruang ada 22 buah c. Kubus adalah pararel epipedum tegak d. Panjang diagonal ruangnya α √3 cm e. Panjang garis AC adalah α √2 cm 2. Pada balok ABCD.EFGH jika dipotong menurut bidang ABGH dan CDEF akan diperoleh .... a. Prisma bidang segitiga b. Dua buah prisma segitiga kongruen c. Empat buah prisma segitiga sama sisi d. Empat buah prisma segitiga e. Prisma segitiga beraturan 3. Garis α tegak lurus pada bidang A dan garis b tegak lurus pada bidang B . Jika c adalah garis potong bidang A dan B , maka .... a. α tegak lurus b b. b tegak lurus c c. c tegak lurus α dan b d. α tegak lurus pada b e. α dan b berpotongan 4. Garis-garis g   dan h pada bidang V ...

REVIEW OF CHARLIE BROWN’S CYCLOPEDIA ELECTRICITY AND MAGNETISM VOLUME 13

Identity of book Name of book   : Charlie Brown’s Cyclopedia Electricity and Magnetism Volume 13 Writer of book  : Charles M. Schulz Publisher             : Funk and Wagnalls Inc. Language             : English Page of book     : 61 pages Review of the book : In the chapter one ,the book explains about invisible energy, there are the nature of electricity, magnetism and electromanets. Chapter two, explain about batteries. Chapter three, explains about going with the flow, there are electric, currents, power plants, bringing electricity into homes. Chapter four explain about light bulbs. Fifthy chapter,explains about the telegraph, the telephone, the radio, radio waves, taking to friends with radios.  Last chapter, explains about watching television, and listening to music. It’s so many material, because it’s not make boring. Pr...